Ilmuan Muslim: Al Dinawari, Sang Bapak Botani


gambar: muslimheritage.com


Yang dari awal baca kisah inspiratif ini pasti sudah pernah baca ilmuan muslim yang ahli botani. Tapi ini beda lagi ya. Jika Al Asma’i kelahiran Persia tahun 122H, ilmuan botani satu ini kelahiran 204-283H (820-896M). Berselang hampir seabad ya.

Dialah Ahmad bin Daud Al Dinawari, yang lahir di Dinawari, Kurdistan, Iran. Meski telah wafat seribu tahun silam ia tetap dikenang hingga sekarang karena kegigihannya dalam meneliti tumbuhan.

Semua penelitiannya ditulis dalam kitab Al Nabat (Buku Tumbuh-Tumbuhan) yang sangat tebal. Terdiri dari banyak jilid dari volume 1 hingga 6. Selayaknya ensiklopedia lengkap mengenai tumbuhan.

Tanaman yang ia teliti jumlahnya lebih dari 600. Dan tiap tanaman diteliti mulai dari benih, bertunas hingga tanaman itu mati. Masya Allah, luar biasa sabar dan telaten ya. Wajarlah gelar sebagai Bapak Botani disematkan pada Al Dinawari.

Selain tanaman, ia juga meneliti jenis-jenis tanah. Ia bereksperimen dengan segala jenis tanah yang baik untuk setiap jenis tanaman. Ia juga mengamati sistem pengairan yang baik bagi tanaman. Segala jenis sumber air, baik sungai, danau, sumur, hingga hujan dan salju, ditelitinya untuk mengetahui kebutuhan air pada tanaman.

Tak hanya itu, Al Dinawari juga mempelajari ilmu astronomi dan meteorologi untuk mengetahui pengaruh fenomena alam terhadap pertanian. Ya Allah sungguh sangat komprehensif penelitian yang beliau lakukan.



Alhasil selain mampu mengklafifikasi tanaman beliau juga sukses membuat ladang pertanian di kotanya subur. Bahkan membuat revolusi hijau, yakni membawa kemajuan pertanian di wilayah-wilayah kekhilafahan muslimin kala itu.

Keberhasilannya ini tentu bukan datang tiba-tiba. Tapi dengan usaha keras bahkan sejak masih anak-anak. Rasa ingin tahunya yang besar dan giat dalam belajar membuatnya banyak memiliki karya yang sangat bermanfaat bagi manusia.

Selain Kitab Al Nabat, ada 15 karya lain yang oleh bangsa Eropa dialihbahasakan dan dijadikan rujukan ilmuan Barat. Bahkan konon beliau juga pernah menemukan Galaksi Andromeda. Galaksi yang terdapat dalam sistem tata surya.

Bagaimana para pembaca sekalian, benar-benar inspiratif bukan. Sampai kisah yang ke sepuluh ini mana yang paling inspiratif? Kalau saya sih susah memilih, karena semua sangat luar biasa. Hee…


-Wati Umi Diwanti-
Sumber: Buku 36 Kisah Inspiratif Ilmuan Muslim by. Afriza Han, Percetakan Cerdas Interaktif.

Posting Komentar

My Instagram

Designed By OddThemes | Distributed By Blogger Templates