Rabu, 10 Oktober 2018

#FBBKolaborasi, Beberapa Keuntungan Menjadi Bloger di Zaman Now



Salam..

Alhamdulillah kali ini bisa ikutan lagi di agenda FBB Kolaborasi yang  rutin diadakan keluarga besar Female Bloger of Banjarmasin (FBB) setiap bulan. Kali ini tema FBB Kolaborasi terpilih adalah Hari Bloger Nasional. Kali ini saya coba menyampaikan tentang manfaat menjadi bloger di zaman now.

Sebelumnya, kita awali dulu dengan sekilas tentang blog dan bloger dan hari bloger nasional. Blog merupakan singkatan dari web log[1] adalah bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urutan terbalik (isi terbaru dahulu sebelum diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut. (wikipedia)

Media blogger pertama kali diperkenalkan oleh blogger.com yang dimiliki oleh PyraLab, yang kemudian diakuisisi Google pada tahun 2002. Sejak itu, banyak aplikasi-aplikasi yang bersifat terbuka, yang membantu para blogger mengembangkan blog yang dimiliki. (kompas.com, 27/10/2011). Orang yang mengelola blog dinamakan bloger.

Adapun tentang Hari Blogger Nasional, sebenarnya pada awalnya dikenal dan diperingati sebagai Pesta Blogger yang diselenggarakan pada tanggal 27 Oktober 2007. Kala itu, Menteri Komunikasi dan Informatika dijabat oleh Bapak Muhammad Nuh. Beliau mengadakan acara yang digagas untuk mewadahi para blogger yang tersebar di seluruh Indonesia. Sejak saat itulah beliau mencanangkan tanggal 27 Oktober sebagai Hari Blogger Nasional. (www.maxmanroe.com)

Sumber: Blogger.com


Waktu terus berputar, perkembangan teknologi informasi dan komunikasi pun meningkat pesat. Blog yang dulunya tak lebih dari sekedar diary elektronik pun mulai berubah fungsi. Yang awalnya hanya sebatas menuliskan agenda harian atau curahan perasaan terpendam. Sekarang tidak lagi. Blog mengalami perluasan manfaat yang tak terkira. Tak lagi sekedar catatan harian, namun sangat berperan sebagai sumber informasi, inspirasi bahkan rezeki. Beberapa manfaat menjadi bloger di zaman now tersebut adalah sebagai berikut.

1) WADAH MENINGKATKAN KUALITAS DIRI

a. Bertambah luas wawasan.
Saat mengelola blog mau tidak mau kita harus mencari tahu bagaimana cara mengelolanya dengan baik. terjalin hubungan antar sesama bloger. Saling bertukar ilmu dan pengalaman dalam mngelola blog atau urusan lainnya. Aecara tak sadar kita akan memiliki tambahan wawasan juga keahlian.

b. Menjadi penulis hebat.
Salah satu hal yang harus dilakukan seorang bloger adalah mempost tulisan. Meski awalnya sekedar iseng atau sekedar mendokumentasikan setiap peristiwa yang dialami. Lama-lama aktivitas menukis ini akan menjadi sebuah keahlian dari para bloger.

Banyak penulis yang awalnya bermula darienjadi seorang bloger. Yang terkenal adalah Raditya Dika. Buku pertamanya berjudul 'Kambing Hitam' adalah kumpulan postingan tulisan di blognya. Dan mendapat penjualan terbaik dalam skala nasional.  Tidak salah jika dikatakan menjadi bloger adalah salah satu jalan meniti karir menjadi penulis hebat.

c. Menjadi pembicara forum.
Dari isi blog, seseorang akan teridentifikasi oleh pihak lain sebagai seorang ahli tertentu. Sesuai dengan spesifikasi atau dominasi isi blognya. Tak jarang seseorang diundang menjadi seorang pemateri dari informasi dalam blognya. Apakah diminta menjadi pembicara dalam bidang ahli yang sering ditulisnya.  Bisa juga untuk membahas dunia bloger itu sendiri.

d. Membangun personal branding.
Dikenal sebagai apa kita? Itulah branding. Apakah tokoh parenting, politikus, ahli IT, interpreneur atau yang lain. Dalam dunia blog ada macam-macam tema blog yang bisa ditetapkan oleh pengelola blog. Misalnya ada yang menjadikan blognya sebagai catatan traveling, review kosmetik dan dunua kecantikan, tentang ilmu-ilmu parenting, membahas topik-topik keagamaan, mengulas bisnis dan lain-lain.

Secara tidak langsung itu akan menjadi ciri khas si bloger tersebut tanpa harus promosi atau melakukan pencitraan secara khusus. Rajinnya kita mengelola blog dengan pilihan tema tertentu akan menjadi jejak rekam tersendiri yang membuat orang lain mengenali kita sebagai siapa. Itulah branding.

2) INTERAKSI SOSIAL

a. Menambah teman dan relasi
Kadang ada orang yang lebih mudah berkomunikasi dengan tulisan. Merasa lebih nyaman konsultasi lewat tulisan. Bermula dari pertemanan dunia maya tidak menutup kemungkinan berlanjut ke dunia nyata. Bermula pertemanan biasa biasa jadi rekan kerja atau lainnya.

b. Saling bertukar informasi
Blog yang lengkap, detail dan menarik. Blog memiliki banyam pernak pernik, tak sekedar memuat tulisan tapi juga foto, vidio, backlink, quote dan lainnya. Sehingga informasi yang terdapat disana sangat memungkinkan lebih detail dan menarik dibanding media lainnya.

c. Dakwah
Zaman now orang lebih banyak menghabiskan waktunya menikmati suguhan digital. Dari mulai belanja sampai belajar. Blog salah satu media yamg cukup efektif untuk menuliskan ajaran agama. Mulai dari yang bersifat fiqh keseharian hingga yang berbentuk pemikiran.

Sudah merupakan kebiasaan orang zaman now, jika ingin tahu sesuatu, termasuk masalah agama. Selain tanya ke ustad mereka akan menanyakannya ke Mbah google. Tulisan-tulisan di blog lah yang biasanya akan muncul sesuai kata kunci yang dimasukkan.

Maka bagi para pendakwah sudah selayaknya tak hanya mencukupkan diri dengan berdakwah secara lisan. Tetapi juga lewat tulisan. Blog salah satu tempat apik untuk menyebarkan dan mengabadikannya.

Sumber: insporasi.co



3) SUMBER PENGHASILAN

a. Toko Online
Sebenarnya banyak media sosial lain yang saat ini juga bisa dijadikan sebagai toko. Tetapi menurut saya blof memiliki kelebihan kelengkapan konten. Bisa berisi tulisan, gambar, vidio bahkan backlink pada hal-hal pendukung produk yang akan dipasarkan.

Ibarat bangunan toko, blog lebih luas sehingga lebi lapang dalam menata barang dagangan. Calon konsumen pun mudah mendapatkan apa yang dia mau dengan lebih detail. Kekurangannya dia tidak seperti FB atau instagram yang otomatis mampir di beranda calon konsumen. Sehingga yang sering dilakukan para pedagang adalah dengan promosi singkat di sosmed dengan menyertakan pranala blog mereka di sana. Orang-orang yang tertarik akan menemukan informasi lebih dalam blog tersebut. Karena memang informasi yang ada lebih detail kebanyakan calon pembeli akan jatuh hati dan banyak terjadi closing penjualan setelahnya.

b. Lomba
Di era digital ini sangat banyak terdapat lomba blog. Macam-macam tema dan penyelenggaranya. Mulai dari para produsen yang ingin mengangkat pasar produknya hingga pemerintah yang ingin mensosialisasikan acara atau program tertentunya. Jika rajin mencari informasi, setiap saat selalu ada berbagai lomba blog. Biasanya hadiahnya lumayan besar-besar.

c. Adsense
AdSense adalah program kerjasama periklanan melalui media Internet yang diselenggarakan oleh Google. Melalui program periklanan AdSense, pemilik situs web atau blog yang telah mendaftar dan disetujui keanggotaannya diperbolehkan memasang unit iklan yang bentuk dan materinya telah ditentukan oleh Google di halaman web mereka. Pemilik situs web atau blog akan mendapatkan pemasukan berupa pembagian keuntungan dari Google untuk setiap iklan yang diklik oleh pengunjung situs, yang dikenal sebagai sistem pay per click (ppc) atau bayar per klik. (wikipedia)

d. Review/ Endorse
Beberapa produsen memasarkan barangnya dengan membuat review atau endorse dari eksternal. Salah satu yang sering diajak kerjasama adalah para bloger. Imbalannya macam-macam. Bisa bingkisan produknya atau uang tunai. Berapanya tergantung produsen dan kualitas blog kita. Intinya aih makin bagus blog yang kita kelola makin tinggi nilai komersilnya.

e. Ternak Blog
Di zaman now tidak hanya kalajengking yang diternak, blog juga bisa ternyata. Namanya ternak artinya yang dipelihara tidak cuma satu blog. Beberapa buah, ada yang puluhan bahkan mungkin ratusan. Biasanya pemasukannya lewat adsnese juga. Tujuannya memperbanyak peluang penghasilan. Untuk hasil lebih tentu saja juga memerlukan ilmu dan waktu yang lebih. Agar jumlah blog benar-benar berbanding lurus dengan penghasilan. Sesuai harapan.

Sumber: Jumanto.com


Catatan pentingnya adalah jangan sampai menghalalkan berbagai cara demi materi semata. Harus kita sadari bahwa rezeki itu bukan masalah jumlah. Tapi masalah berkah. Sedikit dari cara halal dan jujur pasti akan membawa berkah. Kecukupan dan menentramkan. Dari pada banyak dengan cara licik. Misalnya aja ternak blog tapi hasil copas tulisan orang tanpa izin. Bisa jadi ada murka orang di dalamnya. Maka sebanyak apapun tidak akan membawa kebaikan.

Dari banyaknya manfaat yang bisa kota raih saat menjadi bloger. Semoga kita bisa menjadi bloger yang baik. Senantiasa ngeblog berdasar etika dunia maya dan rambu agama tentunya. Insya Allah semua yang didapat dengan cara baik-baik akan membawa pada kebaikan. Demikian sebaliknya.

Senoga tulisan FBB Kolaborasi ini ada manfaatnya. Bagi yang ingin berbagi manfaat ngeblog lainnya, sila tuliskan di kolom komen ya. Siapa tahu menjadi kebaikan bagi orang lain yang membacanya dan jadi amal jariyah buat kita. Terima kasih sudah mampir.

Salam
-Umi Diwanti-

17 komentar:

  1. (((ternak kalajengking)))?? Yang itu aku kayanya ketinggalan beritanya deh mba, hihihi..

    Banyak banget ternyata kalo di-detil-in manfaatnya, insya Alloh jadi blogger bisa sampai ke akhirat juga profitnya, kalo niat dan caranya benar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kan dulu kita pernah disuruh ternak kalajengking Mba Fika. Wkwkkk

      Iya bener jd bloger ternyata memang banyak manfaatnya.

      Hapus
  2. Aktivitas nge-blog saya baru nyampe manfaat 1 dan 2 itu pun ga semua. Yang ketiga belum sama sekali, semoga bisa mengikuti jejak teman-teman FBB ntar, hihihi ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Idem Mba Ira. Palagi lun nah, newbie unyu-unyu bnr masih. Wkwkkk

      Hapus
  3. asikkkk..makasih ya masukannya :) smg bisa ikut jejak para senior kita mb wati hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin.. Kita ngelmu dulu ka Enny lah dengan para mastah FBB nah.

      Hapus
  4. Sebenernya banyak banget ya kak manfaatnya, sampe saya tuh mau nulis kewalahan jadinya ku berganti judul hehe

    salam
    Simatakodok.blogspot.com

    BalasHapus
  5. Betul mbak.. JD blogger memang banyak manfaatnya. Asyik ya banyak teman.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener Mba. Salam kenal ya Mba Eka. Mg bs trs saling berkunjung ya.

      Hapus
  6. banyak banget ya manfaat ngeblog. yang paling kupengen sih blogku bisa bermanfaat buat orang lain

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya. Pengennya tulisan dan blog kita bs terus menghasilkan pahala meski kita sudah tiada.

      Hapus
  7. Blog memang banyak banget manfaatnya ya Mba, aku pengen ternak blog tapi mengurus satu aja masih belum totalitas. Semoga bisa segera fokus. Aamin :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya. Ternak ni memang harus punya waktu dan managerial yg lebih pang.

      Hapus
  8. Manfaat dari ngeblog yang sering nisa rasakan ketika banyak ilmu yang bisa di kasih ke orang orang 😁 terus dapat banyak teman deh karena ngeblog hehe

    BalasHapus
  9. Bener Nis, bisa membagi ilmu itu sangat menyenangkan.

    BalasHapus
  10. saya lebih suka ngeblog karena bisa mengembangkan kemampuan diri dalam menulis. kemampuan nulis saya masih kacau banget.

    BalasHapus