Amalan Saat Hari Raya


//Amalan-Amalan Saat Hari Raya//

"Saya lagi haid."
"Saya kan baru lahiran, masih nifas, lagian susah bawa orok."
"Saya repot nyiapain makanan, pan ntar habis salat id mau open house."
"Saya nunggu rumah aja, kan bahaya kalo rumah ga ada yang jaga, ntar ada yang ambil kesempatan, bigimana?"

Itu beberapa alasan orang yang memilih tetap berada di rumah saat yang lain berduyun-duyun pergi shalat id.

Padahal ini adalah amalan sunah yang sangat dianjurkan oleh Kanjeng Nabi. Sampai-sampai saat ada yang ga bisa keluar karena ga punya jilbab (gamis), rasul menyuruh sahabatnya untuk meminjamkan.

Nah, apalagi kita yang punya banyak stok jilbab. Tuh, yang barusan dibeli juga ada 😁. Maka jangam sampai esok (jika ada hilal malam ini) kita ga ikutan shalat id.

Ummu ‘Athiya pernah bertutur demikian:
“Rasulullah saw memerintahkan kami – baik ia budak wanita, wanita haid, ataupun wanita perawan – agar keluar (menuju lapangan) pada Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha.  Bagi para wanita yang sedang haid diperintahkan untuk menjauh dari tempat sholat, namun tetap menyaksikan kebaikan dan seruan atas kaum Muslim.  Aku lantas berkata, “Ya Rasulullah, salah seorang diantara kami tidak memiliki jilbab.” Rasulullah pun menjawab, “Hendaklah saudaranya meminjamkan jilbabnya kepadanya."

Agar esok bisa lebih ringkes, apalagi yang punya bayi plus plus. Plus batita dan balita. Bisa disiapkan berbagai keperluannya sejak malam ini.

O iya jangan lupa sebelum berangkat shalat id, pastikan pasukan kita sudah pada mandi sunah hari raya. Sama satu lagi yang disunahkan, makan pagi!

Yup, idulfitri disunahkan makan pagi sebelum shalat id. Kebalikan dari salat iduladha yang disunahkan puasa dulu, makannya setelah shalat id.

Semoga kita dimudahkan untuk melengkapi amal Ramadan kita dengan memperbanyak melakukan amalan sunah di hari raya.

Yang wajib apalagi, jangan sampai ketinggalan. Semisal nutup airat syar'i. Yang dilarang jangan dilakukan. Semisal tabaruj (make up berlebihan) dan parfum bagi wanita. Etc.

O iya satu lagi, selain mengumandangkan takbir saat diperjalanan juga disunahkan berangkat dan pulang lewat jalan yang berbeda.

Yassarallah ummurona..

-Wati Umi Diwanti-
Ramadan29, 14.06.18

Posting Komentar

My Instagram

Designed By OddThemes | Distributed By Blogger Templates